Thursday, November 14, 2013

Laporan Keungan Pada Proposal Usaha

Membuat laporan merupakan tugas seorang administrator atau akuntan. Perusahaan membebankan tugas untuk membuat pembukuan laporan keuangan guna mengetahui alokasi uang yang dikucurkan oleh perusahaan.

Jumlah dana sekian digunakan untuk keperluan apa saja, dan dana berjumlah sekian diminta untuk dialokasikan untuk kepentingan apa. Walaupun administrator atau akuntan diberikan kepercayaan oleh perusahaan untuk mengolah dana perusahaan, namun laporan dan pengajuan harus dibuat setransparan mungkin agar dapat disetujui oleh pihak bersangkutan (manager, direktur atau kepala bagian keuangan perusahaan).
Tergantung dari skala perusahaan dan jenis laporan yang akan dibuat. Format laporan keuangan atau pengajuan dana untuk operasional perusahaan memiliki beberapa type. Jika anda bekerja diperusahaan yang berskala kecil maka bentuk laporan keuangan/pengajuan dana yang harus anda buat tidaklah serumit diperusahaan besar.

Berikut contoh format laporan keuangan/pengajuan dana operasional perusahaan dalam bentuk yang sederhana.

Perusahaan yang baru memulai usaha harus menyertakan rencana modal, estimasi biaya dan pendapatannya, sedangkan yang telah memiliki usaha wajib menyertakan laporan keuangan yang lalu dalam rencana usaha .

Laporan keuangan meliputi neraca perusahaan, laporan laba/rugi, analissis titik impas (BEP) serta sumber permodalan, jadi bisa dinilai kemampuan riil maupun potensi perusahaan.

0 komentar:

Post a Comment