Thursday, November 13, 2014

Awal ke inginan dan Cerita Pendakian Pertama (MT.Papandayan 2.665 Mdpl)

Gue akan bercerita sedikit tentang salah satu hobi gue yang baru gue jalanin ,sebenernya si bukan hobi baru atau ke inginan baru tapi ke giatan ini udah lama pengen gue lakuin tapi baru bisa gue lakin sekarang ini oh iya gue belom kasih tau hobi yang lagi seneng gue lakuin adalah naik gunung .Kalo kata orang -orang ini efek film 5cm mungkin ada benernya tapi alesan gue tersendiri naik gunung bukan karena film 5CM awal yang buat gue naik gunung,tapi sebuah buku yang awalnya gue baca iseng di perpustakaan sekolah karena buku yang tebal bukan karena gue tau buku apa itu tapi hanya sebatas pensaran karena ini buku tebel banget.Buku nya berjudul CATATAN SEORANG DEMONSTRAN" Buku ini bercerita tentang perjalan SOE HOK GIE siapakah SOE HOK GIE dan kenapa gue ingin naik gunung setelah membaca bukunya Dia adalah sosok aktifis yang sangat aktif pada masanya. Sebuah karya catatan hariannya yang berjudul Soe Hok Gie: Catatan Seorang Demonstran setebal 494 halaman oleh LP3ES diterbitkan pada tahun 1983. Soe Hok Gie tercatat sebagai mahasiswa Universitas Indonesia dan juga merupakan salah satu pendiri Mapala UI yang salah satu kegiatan terpenting dalam organisasi pecinta alam tersebut adalah mendaki gunung. Gie juga tercatat menjadi pemimpin Mapala UI untuk misi pendakian Gunung Slamet, 3.442m. Kemudian pada 16 Desember 1969, Gie bersama Mapala UI berencana melakukan misi pendakian ke Gunung Mahameru (Semeru) yang mempunyai ketinggian 3.676m. Banyak sekali rekan-rekannya yang menanyakan kenapa ingin melakukan misi tersebut. Gie pun menjelaskan kepada rekan-rekannya tesebut : “Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal obyeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung.” dengan membaca buku GIE gue ingin naik gunung tapi karena pikiran gue yang sempit tentang naik gunung tentang alat -alat yang mahal dan ga ada teman yang sama ingin mendaki ke inginan naik gunug masih ada tapi tak pernah gue lakuin di SMA .Berapa tahun kemudian saat gue kuliah tepatnya di tahun 2012 muncul film 5cm sebuah film tentang 5 orang sahabat yang melakuakan perjalanan ke puncak tertinggi pulau jawa ,film ini sukses dengan baik menyihir setiap penonton untuk melakukan perjalan pendakian ke puncak gunung ini bisa di lihat dari data yang di dapat semeru menjadi ramai pengunjung,dan ini juga berpengaruh pada teman -teman saya ingin naik gunung tapi saya melakukan kegiatan gunung baru saya lakukan 2 tahun kemudian di tahun 2014 kenapa baru dua tahun kemudian karena saya tetap berpikir bahwa naik gunung memerlukan alat yang mahal dan saya pun tidak punya teman yang pernah naik gunung baru di 2014 saya melakuan pendakian karena saya kenal dengan teman yang pernah naik gunung dan sedang bersemangat melakukan pendakian ,dan ternyata mahalnya alat gunung masih bisa menyewa bahkan gue berpikir semua uang terbayarka dengan cerita dan ke indahan saat melakukan pendakian pendakian pertama yang gue lakuin ke Gunung Papandayan 2265 Mdpl -garut ini gunung pertama yang membuat saya terus melakuan pendakian hingga sekarang dan saya tergabung dalam komunitas yang di buat teman teman saya yang bernama PENA GUNADARMA berikut film dokumenter perjalanan yang saya buat saat mendaki gunung papandayan


0 komentar:

Post a Comment