Thursday, November 6, 2014

Game Mobile dan Kemajuan

Perkembangan game dari masa ke masa semakin menunjukan ke eksistensiannya. Mungkin dulu kita belum mengenal video game, yang dimainkan hanya permainan di dunia nyata seperti permainan tradisioanal. Tetapi seiring berkembangnya teknologi, kini permainan bisa dilakukan dirumah sendiri dengan video game dan bukan tidak mungkin untuk kedepannya bukan hanya video game yang bisa di mainkan tapi virtual game seperti dalam film The Matrix, kita yang masuk kedalam game itu dan bermain di dunia virtual.


Salah satu perkembangan teknologi game yaitu pada mobile device. Telepon genggam (mobile) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel(nirkabel; wireless).

Eksistensi game untuk handphone seringkali dipandang sebelah mata oleh kalangan gamer. Game di handphone seringkali dianggap sebagai pengisi waktu luang saja, dan bukan merupakan hiburan utama. Hal inilah yang dulu membuat N-Gage beberapa waktu yang silam kurang sukses sebagai sarana gaming.
Di masa lalu , N-Gage yang mengandalkan game berbasis symbian terbukti kurang mampu menarik perhatian para developer game untuk merilis game-game bermutu.

Seiring waktu, perkembangan game handphone justru menunjukkan bahwa makin banyak game berbasis java (J2ME) yang dirilis ke pasaran, sementara itu judul-judul game berbasis symbian terlihat hanya segelintir saja. Ini dikarenakan sifat bahasa pemrograman java yang cross-platform, yang artinya bisa dijalankan di berbagai macam tipe handphone, entah yang menggunakan operating system maupun tidak. Sedangkan game berbasis symbian hanya bisa dijalankan pada handphone yang menggunakan operating system symbian saja.
Hal inilah yang membuat developer game lebih tertarik merilis game berbasis java.
Gameloft, Digital Chocolate, Glu, dan FishLabs merupakan developer game handphone ternama yang kerap merilis game Java bermutu.

Meski sempat merasakan pahitnya kegagalan N-Gage di masa lalu, namun Nokia rupanya masih belum jera dengan gaming. Baru-baru ini mereka merilis lagi konsep N-Gage, namun bukan sebagai sebuah handphone baru, namun hanya sebuah platform aplikasi game saja, yang tak lain adalah beberapa game Symbian yang dapat dimainkan di beberapa (tidak semua) handphone Nokia berbasis Symbian. Hampir serupa dengan konsep dasar game Java yang pada dasarnya bahkan bisa dimainkan di handphone apa saja, tak harus ber-OS Symbian.
Berhasil tidaknya Nokia dengan konsep N-Gage kali ini, kita semua masih belum tahu, namun yang jelas jumlah game N-Gage saat ini juga masih segelintir saja, berbeda dengan game Java yang saat ini sudah tersedia sangat banyak.

Perkembangan jumlah game handphone, khususnya yang berbasis java, telah mengalami pertumbuhan yang relatif cukup. Ratusan (bahkan ribuan) game java telah dirilis di pasaran. Beberapa judul game populer semisal Call of Duty 4, GRAW2, Beowulf, dan MOH Airborne bahkan muncul dulu versi handphonenya ketimbang versi PC-nya.  Ini menunjukkan animo penggemar game handphone yang cukup besar. Wajar saja, karena jumlah pengguna handphone lebih banyak ketimbang jumlah pengguna PC.

Seiiring berkembangnya zaman mempengaruhi perkembangan teknologi game pada mobile. Android merupakan salah satu sistem operasi yang mendukung program aplikasi game pada mobile..

Sistem operasi android memang semakin terkenal dan bahkan menjadi sistem operasi handphone yang menarik bagi masyarakat. Contoh Handphone dengan sistem operasi Android adalah Motorola Milestone, Sony Ericsson xPeria X10, Samsung Galaxy S, LG Optimus, sampai Samsung Galaxy S Mini!

Salah satu daya tarik dari Android adalah banyaknya dukungan dan game terbaru yang tersedia untuk Android. Game-game terbaru seperti Angry Birds Rio ataupun Angry Birds Season sampai Need For Speed, Real Football 2011 ataupun PES 2011 tersedia secara gratis untuk Android!

Apa itu android ?

Android adalah sistem operasi yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS.

Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain.

Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc., dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh raksasa Internet Google. Android dibuat dengan basis kernel Linux yang telah dimodifikasi, dan untuk setiap release-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan.

Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik.

contoh game android pada mobile diantaranya : Avatar, caligo.v1.0.3, COLLAPSE!! (Android version), com.boolbalabs.tossit.full.v1.7.5 , defendhomeland_1.6.0

0 komentar:

Post a Comment