Friday, July 4, 2014

Contoh bab1 penulisan ilmiah



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perkembangan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun entertainment namun saat ini banyak digunakan untuk transaksi bisnis .Hal ini sangat menguntungkan karena bisnis melalu online bias menjakau seluruh wilayah di berbagai dunia.Banyak orang yang sudah melirik internet untuk melancarkan bisnisnya.Bisnis internet merupakan suatu bisnis yang dalam prosesnya baik dalam pemesanan maupun pengantaran barang seluruhnya menggunakan media internet
.Bisnis ini juga di sebut e-commerce,bisnis ini merupakan suatu model bisnis yang baru tetapi memiliki berbagai keuntungan dan kelebihan dibandingkan bisnis konvesional.Pada kesempatan ini,penulis ingin memanfaatkan media internet untuk merancang dan membuat website e-commerce Hashtag Corporation situs ini dibuat agar bisnis dan promosi Brand Clothing Hashyag Corporation dapat berkembang dengan baik .
Oleh karena itu penulis mencoba membuat website ini dengan judul “Membuat website Hashtag Croporation dengan menggunakan Codeigniter”.Penulisan ilmiah ini,dibangun dengan menggunakan Codeigniter sebagai software penunjang pembuatan website,dikarenakan Codeigniter Open Source.

1.2  Batasan Masalah
Penulisan ini hanya terbatas pada pembuatan website Brand Hashtag Croporation dimana didalamnya berisi tentang Brand Hashtag Croporation,informasi yang berkaitan dengan produk dan didalam website ini,user dapat bergabung menjadi member untuk pemesanan produk dan fasilitas pembayaran dilakukan dengan melalui transfer ATM.

1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah membangun web ecommerce Hashtag Croporation yang ditujukan untuk masyarakat luas agar mereka mengetahui keberadaan Brand Hashtag Croporation,informasi produk yang dijual .

1.4           Metodologi Penilitian
            Dalam pembuatan website ini, penulis melakukan penelitian dalam beberapa tahap, antara lain: Tahap Analisa, Tahap Design, Tahap Implementasi, dan Tahap Maintenance. 

1.4.1        Tahap Analisa
            Pada tahapan ini penulis melakukan analisa terhadap website    e –commerce yang bergerak di bisnis penjualan Brand Fashion guna mengetahui kekurangan apa yang berada pada website .
            Kemudian penulis mencari dan merangkum kepustakaan yang menunjang pembuatan penulisan ini dengan mengambil data dari catatan kuliah, modul, buku-buku perpustakaan serta browsing internet mengenai desain, pemrograman dan perancangan website.
            Pada pembuatan website e –commerce ini membutuhkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras yang dibutuhkan adalah 1 unit laptop pribadi dengan spesifikasi minimum Laptop SAMSUNG ELECTRONICS 275E4E/275E5E     32-bit dengan spesifikasi AMD Dual-Core E2-2000 APU (1.75 GHz, 1M Cache), 4 GB DDR3, 500 GB HDD, DVD±RW, Bluetooth, WiFi, AMD Radeon HD 7340 Series, Camera, 14 inch WXGA LED. Perangkat lunak yang dibutuhkan adalah Sistem Operasi Windows 7 Ultimate, Adobe Photoshop CS6, Adobe Ilustrator CS6, XAMPP Control Panel, dan Notepad++.
                       
1.4.2        Tahap Design           
            Pada tahap ini penulis akan merancang desain dan model website yang akan dibuat berdasarkan hasil analisa. Tahap desain pembuatan aplikasi meliputi merancang struktur navigasi program, merancang alur program, dan pembuatan desain tampilan website. 

1.4.3        Tahap Implementasi
            Pada tahap implementasi aplikasi akan dilakukan uji coba, apakah aplikasi mampu menyediakan informasi yang tepat bagi pengguna. Aplikasi yang telah menjalani proses uji coba kemudian akan diimplementasikan atau di upload ke internet dengan menggunakan hosting sehingga website dapat di akses.

1.4.4        Tahap Maintenance
      Pada tahap ini, website melakukan pembaruan terhadap database melalui admin atau operator.


1.4  Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang dilakukan oleh penulis dalam Penulisan Ilmiah ini dijelaskan dalam empat bab yang membahas masalah secara singkat tanpa mengabaikan keterhubungan antara bab yang satu dengan bab selanjutnya, adapun sistematika penulisan terdiri dari :
Bab I         Pendahuluan
Menjelaskan tentang latar belakang masalah, batasan masalah
tujuan penelitian dan sistematika penulisan
Bab II       Landasan Teori
Menjelaskan Teori-teori yang berhubungan dengan pembuatan
website
Bab III      Analisa Pembahasan
Menjelaskan tata cara pembuatan website dengan menggunakan Codeigniter dan PHP MyAdmin.
Bab IV            Terdiri dari Kesimpulan dan Saran.

0 komentar:

Post a Comment