Friday, July 4, 2014

Pengertian E-commerce



Electronic commerce (e-commerce) merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat seiring dengan kehadiran internet dalam kehidupan masyarakat. Banyak orang mendapatkan manfaat dan kemudahan berbisnis melalui internet. Electronic commerce merupakan konsep baru yang biasa digambarkan sebagai proses jual beli barang dan jasa pada World Wide Web atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet.

Ada beberapa difinisi electronic commerce yang dapat dilihat dari beberapa perspektif yaitu sebagai berikut :
1.      Persepektif komunikasi     : E-commerce merupakan pengiriman
  informasi produk atau layanan melalui lini   
  telepon, jaringan komputer atau sarana  
  elektronik lainnya.

2.      Perspektif layanan             :  E-commerce merupakan salah satu alat
   yang memenuhi keinginan perusahaan,
   konsumen dan manajemen dalam
   mengurangi biaya layanan ketika     
   meningkatkan mutu dari barang dan
   kecepatan layanan.

3.      Persepektif online             :  E-commerce berkaitan dengan kapasitas
                                               jual beli produk dan informasi di internet.

Electronic commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informarsi yang dilakukan secara elektronik.
Electronic commerce adalah aktifitas bisnis yang diarahkan pada pertukaran nilai melalui jaringan telekomunikasi berupa internet. Electronic commerce merupakan sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dari produk, layanan dan informasi, serta mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan, sehingga harga dari produk atau pelayanan dari informasi tersebut dapat ditekan sedemikian rupa tanpa mengurangi kualitas yang ada.
Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-commerce merupakan segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik. Serta proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet dan sejenis mekanisme bisnis elektronik dengan fokus pada transaksi indivindu dengan menggunakan internet sebagai sarana pertukaran barang atau jasa antar instansi, atau indivindu dengan instansi.








2.1.1 Karakteristik E-commerce

 Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi E-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus,

a.      Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau indivindu yang ingin go-international. Hanya perusahaan atau indivindu dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya keluar negeri. Namun sekarang, dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional, cukup dengan membuat situs, web atau memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24jam) dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi online.

b.      Transaksi antonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lain. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli, sepanjang mengenai pembayarannya telah diotoritasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, biasanya dengan kartu kredit.

1.      Produk digital dan non-digital
Produk-produk digital seperti perangkat lunak komputer, music dan produk yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mengunduh secara elektronik. Dalam perkembangannya, objek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya, seperti komputer, televisi, mesin cuci, dan lain sebagainya.

2.      Produk barang tidak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak dibidang E-commerce dengan menawarkan barang tidak berwujud, Seperti data perangkat lunak dan ide-ide yang dijual melalui internet.

0 komentar:

Post a Comment