Friday, July 4, 2014

framework



Framework adalah sekumpulan library yang diorganisasikan pada sebuah rancangan arsitektur untuk memberikan kecepatan, ketepatan, kemudahan dan konsistensi di dalam pengembangan aplikasi dari definisi tersebut, framework mengandungunsur-unsur berikut :

·         Librari
·         Arsitektur
·         Metodologi
Framework menyediakan pustaka yang lengkap dan terintegrasi. Unsur inilah yang paling
banyak memberikan keuntungan bagi pengembang aplikasi. Sebagai contoh, framework aplikasi web menyediakan library-library dasar berkaitan layanan web, seperti authentication, database access, html generation, template engine, session management, caching, searching, email, http, pdf, zip dan ajax. Framework juga menyediakan sarana extension untuk pustaka-pustaka yang belum tersedia atau pustaka yang perlu ditingkatkan kemampuannya.

2.7.1 Arsitektur

Sebuah aplikasi membutuhkan rancangan bagaimana sistem dibangun, yaitu bagaimana elemen-elemen di dalam aplikasi disusun dan diintegrasikan, seperti pengorganisasian file dan pustaka, dan bagaimana pustaka-pustaka digunakan. Framework menyediakan struktur aplikasi dan bagaimana interaksi di dalam struktur tersebut. MVC (Model View Controller) adalah salah satu pola rancangan yang banyak digunakan dalam arsitektur aplikasi saat ini.

2.7.2 Manfaat Framework

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan menggunakan framework
dalam pengembangan aplikasi :
·         penggunaan komponen-komponen reusable, waktu pengembangan lebih singkat penerapan design patterns memudahkan dalam rancangan, pengembangan dan pemeliharaan sistem.
·         stability dan reliability, aplikasi yang kita bangun lebih stabil dan handal karena berbasis pada framework yang sudah teruji stabilitas dan kehandalannya.
·         Coding style konsisten, memudahkan dalam membaca kode dan dalam menemukan bugs.
·         security concern, framework mengantisipasi dan memasang perisai terhadap adanya berbagai masalah keamanan yang mungkin timbul
·         dokumentasi, framework dapat mendisiplinkan kita untuk menulis dokumentasi untuk apa yang kita tulis
2.7.3 Pemilihan Framework

Pemilihan framework yang salah akan menjadi sebuah bencana bagi penggunanya.Ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan dalam memilih framework:
·         Pertama dokumentasi dari framework itu sendiri. Dokumentasi sangat pentingadanya mengingat pada umumnya tidak banyak orang/perusahaan yangmembuat framework sendiri dalam membuat applikasi. Oleh karena itu kita akan sangat tergantung dengan dokumentasi yang di sediakan oleh framework yang kita pilih.
·         Berikutnya kesesuaian framework tersebut dengan applikasi apa yang hendak kita kembangkan. Kita memilih framework dengan fasilitas yang pas dengan kebutuhan kita.
·         Kemudian perhatikan standar - standar framework yang ada, misalkan apakah framework tersebut MVC, apakah framework tesebut mendukung versi sekian, apakah mendukung templating dan lain-lain. Semakin banyak hal yang di support oleh framework tersebut semakin baik. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas dari software yang dikembangkan.
·         Lalu yang terakhir adalah faktor kemudahan. Tentunya ini sangat tergantung dari sumberdaya yang ada.

0 komentar:

Post a Comment